SUP (hangat, ringan, encer, tapi bergizi)

Sup, cermin karakter Nyonya Rumah

Kalau saya menghadiri pesta dengan acara makan-makan prasmanan, di mana tamu bebas memilih hidangan (baik jenis maupun jumlahnya), maka yang pertama-tama saya tuju adalah sup-nya. Bukan karena saya penganut pakem makan gaya Barat yang memang dibuka dengan sup. Bagi saya, sup adalah indikator kualitas kecanggihan kuliner si tuan rumah atau si penyedia jasa catering. Dengan mencicipi sup-nya, saya bisa menebak karakter tuan rumah. Saya juga akan bisa menebak di mana posisinya dalam piramida kebutuhan manusia yang dirumuskan oleh Eyang Abraham Maslow itu. Apakah masih di level survival (sandang-pangan-papan-berkembang biak), safety (personal security), social (friendship), esteem (apresiasi dari manusia lain), atau sudah self-actualization. Saya tidak bermaksud mengkotak-kotakkan orang, tapi biasanya dengan mengetahui di mana posisi seseorang, saya akan bisa membuatnya happy dengan cara yang benar. Terkait dengan jamuan makan, tidak ada hubungannya dengan happy-tidaknya si tuan rumah, tapi lebih terkait dengan perencanaan diet saya.

Kalau sup-nya saja sudah membuat tergila-gila, nah, apa lagi hidangan utamanya. Jika saya sedang beruntung demikian, maka dengan semangat 45 saya akan mencoba berbagai hidangan yang lain dan melupakan lingkar pinggang saya. Tapi jika sup-nya cuma terasa sebagai larutan bumbu penyedap atau serbuk kaldu dalam sachet, maka saya akan dengan senang hati mengikuti pakem anak saya: langsung ke es krim saja, karena es krim selalu enak.

Inilah sup saya untuk Anda. Saya tidak menceritakan semua riset saya di bagian ini. Ini hanya beberapa yang betul-betul berkesan untuk saya. Setelah menikmati sup saya, menurut Anda, di mana posisi saya dalam Maslow’s hierarchy of needs? 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: