Beranda Nyonya Rumah

Selamat datang di arena bermain saya 🙂 Saya tidak ingin memperkenalkan diri. Bukan karena saya sudah merasa ngetop, tapi karena blog saya ini bukan blog tentang saya. Ini adalah catatan tentang keasyikan bercanda dengan sains, seperti keasyikan kita bermain petak umpet: kadang-kadang kepala kejedhot, kadang-kadang jatuh dari pohon, dan berbagai ketidakberuntungan lain bisa saja membuat kita pulang main dalam kondisi babak-belur, tapi selalu saja kesan kita adalah SENANG (paling tidak itu yang saya rasakan). Nah, saya hanya ingin memandang profesi saya dari kacamata kanak-kanak seperti itu. Jadi sebetulnya ‘siapa saya’ menjadi tidak relevan untuk diuraikan panjang lebar karena itu tidak ada hubungannya dengan kesenangan yang ingin saya bagi untuk siapa saja yang peduli.

Di samping itu, saya sering mengamati bahwa ada kecenderungan di masyarakat, ‘siapa yang bicara’ itu lebih penting daripada ‘apa yang dibicarakan’. Menurut hemat saya, hal itu sering membuat kita tidak bisa lagi bersikap kritis dan objektif. Oleh karena itu, tadinya saya ingin menggunakan identitas anonim sebagai ‘Nyonya Rumah’ saja. Tapi kemudian saya pikir-pikir, kok seperti tidak berani bertanggung jawab, seperti bersembunyi di balik identitas semu. Jadi … okelah kalau begitu, saya ngaku saja … saya adalah Wiratni Budhijanto. Karena saya bekerja di Jurusan Teknik Kimia UGM, maka profil profesional saya ada di http://acadstaff.ugm.ac.id/MTMyMTYzNjU1

Fasten your seat belt, enjoy the wild tour in my "scientific" blog!

Iklan

24 Tanggapan to “Beranda Nyonya Rumah”

  1. Assalamualaikum Bu Wi,
    Saya numpang mampir di blognya Bu Wi. Ini saya sedang merenovasi blog saya yang juga numpang di wordpress. Yang paling saya seneng disini, partisi tentang topik-topiknya. Lalu, saya terinspirasi membuat partisi yang serupa tapi tak sama dengan punya Bu Wi (wah mbayar patent gak nih bu for the sake of profesionalism :)) di tempat saya.
    Sukses Bu Wi dan kalau ada waktu you are more than welcome to visit my blog: palaganjogja.wordpress.com. Sebenernya dah lama, tapi sering kekurangan minat untuk ngupdate berkala. Kuncinya karena partisi yang kurang baik…hehe. Lalu nglihat punya Bu Wi jadi ada energi untuk nulis (atau compile tulisan2 lama lagi).

    nuwun,
    Azis

    • To Azis: sepertinya masalah kita lebih di soal manajemen waktu wkwkwkwkwk … ini saya sempat nulis juga karena libur 3 hari stuck di tengah salju, gak bisa ke mana-mana hahahaha … entah nanti kalau sudah kembali ke ‘peradaban’ masih sempat nulis-nulis yang lucu-lucu begini apa gak 😀 BTW, I would love to check on your blog for sure!

  2. Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh,

    Maaf baru kali ini beri komentar di beranda bu Wiratni padahal sudah baca beberapa tulisan di blog ini. Senang sekali bisa baca tulisan2 ibu di sini. Jarang-jarang dosen Tekkim mau berbagi ilmu dan meluangkan waktu untuk mengisi blog.
    Oh iya bu, saya sendiri angkatan 2002-2007 di Teknik Kimia UGM. Saya teman dekat Muhammad Mufti Azis yang komentar di atas. Saya pernah diasuh oleh ibu pada satu mata kuliah saja yaitu pada subject Pemrograman Komputer. Alhamdulillah, kami pun mendapat grade memuaskan yaitu A ketika pertama kali mengambil subject tersebut.

    Terima kasih bu atas ilmu yang diberikan selama ini, juga atas ilmu yang kami peroleh di blog ini.

    Semoga bisa istiqomah bu.

    Silakan pula mampir ke web kami. Kami juga gemar menulis namun lebih konsen ke masalah agama. Kami juga seringkali mengangkat tema2 mutakhir yang kaitannya juga dengan ilmu yang kami geluti dulu di teknik kimia. Semoga bisa saling memberikan manfaat bu.

    Ini website kami: http://rumaysho.com

    Semoga Allah senantiasa menjaga ibu dan keluarga.

    Best regards,

    Muhammad Abduh Tuasikal

    • Wa’alaikum salam,
      Senang sekali bertemu kembali di sini 🙂 Terima kasih atas informasi blog-nya, pasti saya akan bisa banyak belajar dari blog Abduh nanti. Sains, menurut saya dan paling tidak sejauh pengalaman saya sendiri, semakin dipelajari akan membuat kita semakin menyadari betapa kecilnya kita di hadapan Sang Pencipta.
      Semoga Allah SWT selalu memudahkan jalan Abduh sekeluarga menuju kebaikan.

  3. Assalamu’alaikum,

    Sedikit info untuk Bu Dr. Wiratni,

    Di kalangan ulama kaum muslimin, sebagian di antara mereka mengharamkan alkohol secara umum. Sehingga dari sini tidak boleh alkohol digunakan walaupun hanya sebgai peralut (solvent).
    Sebenarnya pemahaman ini muncul di kalangan ulama karena salah pengertian mengenai definisi alkohol dan khomr (arak dan minuman keras). Mereka sangka bahwa alkohol murni itu sama dengan arak/minuman keras. Akhirnya dipukul rata, pokoknya namanya alkohol dalam kemasan apa saja (baik makanan, minuman atau obat-obatan) semuanya haram. Begitu pula parfum beralkohol pun haram. Ujung2nya akhirnya seperti ini.

    Berlatar belakang inilah kami menyusun satu tulisan (bahkan sudah jadi buku namun belum diterbitkan) yang mengangkat pembahasan mengenai alkohol yang kami beri judul “Menjawab Kerancuan Seputar Alkohol”.
    Sebagiannya sudah kami publish di Rumaysho.com pd link:
    1. http://rumaysho.com/hukum-islam/umum/2835-mengenal-apa-itu-khomr.html
    2. http://rumaysho.com/hukum-islam/umum/2837-bersekongkol-dalam-memproduksi-khomr.html
    3. http://rumaysho.com/hukum-islam/umum/2838-apakah-khomr-itu-najis.html

    Dan masih ada beberapa seri tulisan yg belum kami publish. Mohon tanggapannya bu.
    Jika ibu bersedia, kami ingin ibu mengoreksi buku yang kami buat ini. Isinya peninjauan khomr (arak) dalam sisi agama, alkohol dalam sisi agama, dan alkohol dalam berbagai kemasan (spt parfum, makanan, minuman dan obat-obatan).
    Semoga kita semua bisa ikut berperan serta untuk memberikan kemanfaatan bagi kaum muslimin.

    Semoga Allah senantiasa menjaga ibu dan keluarga.

    Ini kontak kami bu:
    YM : ibnuusman
    email : rumaysho@gmail.com
    HP : 08156807937

    • Ilmu agama saya masih sangat jauh dari ‘memadai’ 🙂 Saya sangat menikmati browsing around di site Abduh, Rumaysho.com kemarin, tapi belum menemukan artikel2 dalam link di atas. OK nanti saya baca dan email komentar saya. Tentunya pengunjung blog saya yang mampir ke beranda ini terbuka juga untuk ikut berkomentar kan, Abduh? Pasti banyak di antara mereka yang lebih kompeten daripada saya, baik dari sisi agama maupun sains-nya. Mudah2an bisa menjadi diskusi yang memperkaya batin dan akal kita semua.

  4. assalamu’alaikum bu wiratni..
    salam kenal nama saya Annisaa Dwi Utami tekim UGM 2009,walaupun saya belum pernah bertemu langsung dengan ibu,tp dengan membaca blog ibu selama beberapa jam terakhir ini saya seperti tersihir masuk ke dunia ibu..
    Jujur setelah saya membaca blog ini saya merasa termotivasi dan berpikir ulang untuk pindah jurusan tahun depan ini..awalnya saya merasa mungkin tekim bukanlah bidang saya,tp setelah membac blog ibu saya merasa ada hal yang membuat saya excited untuk tetap di tekim…
    Dan ternyata dunia cukup sempit,saat saya membuka profile facebook ibu ternyata mutual friend ibu adalah kak satrio kakak kelas saya di SMA dulu..
    You’re such an brilliant and independent woman,and i adore you so much bu..:)

    • Hai wa’alaikum salam,
      Saya ketemu Satrio saat konferensi Yale-Cornell kemarin. He is such a brilliant guy 🙂 Kalian dari SMA Insan Cendekia ya? Ada beberapa alumni SMA-mu itu di JTK dan mereka semua sangat menonjol menurut saya. IP mungkin biasa2 saja, tapi mereka punya kepribadian yang sangat kuat. Jadi saya yakin kamu pun akan menonjol seperti mereka 🙂 Pikirkan masak2 sebelum memutuskan pindah jurusan. Coba bicara dengan Baim 2005 (ini alumni Insan Cendekia juga), Double Annisa (mereka sepertinya lumayan ngetop di kampus, kamu mestinya tahu hehehe), dll. Apalagi 2 semester pertama di teknik kimia itu belum betul2 teknik kimia. Masih ‘pendalaman materi’ sains dasar yang sudah kamu pelajari di SMA. Makanya coba bicara pada kakak-kakak kelasmu, yang betul-betul sudah mencicipi seperti apa teknik kimia itu 🙂
      Sampai jumpa bulan April nanti, saya akan mengajar angkatan 2009 di kelas Kimia Organik 2 (berpartner dengan Pak Budhi) dan Fisika 2 (berpartner dengan Pak Muslikhin).

  5. Assalammualaikum Bu Wi,
    perkenalkan nama saya Lisendra Marbelia,,hihihi 🙂
    numpang lewat ni bu.. saya baru nemu blog ibu..
    seru2 bu.. nanti jadi bahan bacaan saya disini, drpd g ada kerjaan..
    saya jadi pengen buat juga.. tp kyna kemampuan mnulis harus dilatih dulu (*kurang berbakat spertinya,,hehe..

    • Wa’alaikum salam … kok rasanya pernah dengar nama ‘Lisendra’ ya? Anda pasti orang ngetop deh 😉 Gak ada kerjaan? Jauh2 ke Portugal? Jangan sampai pacar kamu baca ini, bisa langsung di-recall kamu nanti :p Anyway, best of luck!

  6. Dik Wiratni,

    Anda betul sekali bahwa, kalau Anda melakukan publikasi (seperti contohnya situs ini), Papageno tidak usah diberitahu karena bakal tahu sendiri… he .. he.. he. Dulu Anda pernah bilang bahwa Anda penggemar dari Hillary Clinton, dan lalu saya tegur kok hari2 terakhir ini Anda “agak menjauh” dari “Hillary Clinton”. Tapi untuk hari ini, sosok “Michelle Obama” mungkin lebih cocok dari “Hillary Clinton” (minimal untuk saya). Lha.. apakah Anda justru mendekat ke sosok “Michelle Obama” setelah meninggalkan “Hillary Clinton”?

    • Hi Pak Papageno, apa kabar? Terima kasih sudah mampir ke sini. Kok masih ‘menuduh’ saya meninggalkan Hillary sih hahahaha … Saya belum kenalan dengan Mbak Michelle Pak, jadi belum tahu apakah saya suka dia atau tidak 🙂 Hari-hari ini saya mungkin lebih dekat ke ‘Marie Curie’, karena sedang berjuang keras untuk kembali ‘ilmiah’ lagi setelah hampir 5 tahun terperangkap urusan-urusan ‘non-ilmiah’ (sigh). Tapi jangan dibandingkan ilmiah-nya saya dengan ilmiahnya Pak Papageno yang berkarya di negara maju lho ya … Sepertinya saya sudah menemukan style saya Pak, saya akan lebih fokus di teknologi dalam konteks negara berkembang. Kebetulan di Cornell saya bertemu banyak orang yang betul2 mendewasakan saya dalam pandangan2 saya tentang sains dan teknologi. Termasuk Lars, profesor yang bekerja bersama saya, beliau banyak membantu navigasi saya untuk menjadi scientist yang ‘locally relevant but globally engaged’ 🙂 Itu visi riset saya sekarang Pak … dengan blog ini, saya berharap semakin banyak sahabat yang bisa menjadi peer reviewer informal, termasuk Pak Papageno. Your articles are very welcome in my blog, Pak 🙂 Saya masih ingat teka-teki Pak Papageno tentang bilangan Deborah misalnya 🙂 asyik juga itu kalau dibikin cerita ‘pop’-nya … So … looking forward to an enriching contribution from you for my blog!

  7. salam kenal buk.

    saya dody indra mahasisw d3 kesehatan hewan ugm

    adakah lowongan utk mahasiswa magang di ChAIN Center buk. karena biasanya kami mahasiswa setelah ujian akhir semester memilik waktu kosong sekitar 3 mingguan. itung2 kami mahasiswa dapat pengalaman dan ilmu utk di terapkan nantinya setelah lulus. karena saya juga melihat d3 ugm tidak ada KKN buk..mksh sblmnya buk dan mari bertukar link blog dgn saya di http://mantrihewan.co.cc

    mksh

  8. assalamualaykum 😀
    perkenalkan Bu saya melisa, mahasiswa Tekim UGM 2010.
    saya suka blog ibu. Saya pingin sekali jadi dosen, dan membaca blog yang ibu tulis membuat saya jadi tembah semangat untuk menjadi dosen 😀
    doakan ya Bu 🙂

  9. sore bu Wiratni…

    saya Christin, Tekkim 2003. saya belom pernah ambil kelas yang bu Wiratni ajar sih selama di Tekkim tapi saya suka baca2 blog bu Wiratni. makasih ya bu sudah berbagi banyak hal tentang sains.. saya ngeblog udah 3 taun dan beberapa kali posting tentang sains kok rasanya gak terlalu menarik kayak kalo bu Wiratni yang nulis hehehe… oh iya belum lama ini saya diberi tau sama pak Yahya, sesepuh blogger di Jogja, ternyata beliau teman satu angkatan bu Wiratni. dunia memang sempit 😀

    salam kenal, Bu 😀

    • Hi Christin (Christin yang mana ini ya … banyak banget Christin Teknik Kimia UGM 🙂 …) thanks for visiting my blog … Iya betul Yahya teman seangkatan saya dan masih sering ketemu juga. Yahya memang sangat multi talented, punya banyak passion dalam hidup ini dan hebatnya bisa make money juga dari situ 🙂

  10. just wanna share:
    http://cetak.kompas.com/read/2010/12/15/04355490/litbang.setelah.ekonomi.nomor.15.dan.inovasi.nomor.77

  11. Salam Kenal Bu… sedang blog flying, kejebur di blog Ibu ini…. jd keterusan baca krn pilihan kata2 dan kalimatnya memanjakan nalar pikir saya…hehehe….
    Salam buat ayahnya Kiki yaaa Bu… (kebetulan saya konco SMP dan SMA beliau….) ….

  12. selamat sore Bu Wiratni..saya arsyada, tekim 2009…
    baca-baca blognya bu Wiratni membuat iri.hehe. bisa menyajikan riset-riset dengan bahasa yang cukup mudah dimengerti..semoga kedepan saya bisa memiliki kemampuan yang setidaknya bisa mendekati Bu Wiratni..hehe

  13. Pada Minggu pagi, tak sengaja saya lihat Mbak Wi di FB TekaUGM dan mampir ke sini. Saya ingat pernah ketemu mbak waktu ditraktir makan di rsto Thai sehabis sharing dengan mahasiswa di JTK. Saya juga ingat waktu hadir di Reuni TK UGM dan Perpisahan Bu Redyo, mbak yang jadi MC. Kesan saya, ini orang Teknik tapi bisa renyah, supel, mengerti banyak hal di luar bidangnya he..he..

    Just say hello saja Mbak. Numpang baca beberapa tulisan yg renyah

    Salam dari Bontang

    • Salam juga Pak Broto, terima kasih sudah mampir di beranda saya 🙂 Tentu saya ingat pak Broto, yang sambil makan siang memberikan “kuliah” soal makanan sehat hehehehe …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: