Prof. Hisashi Kono, D.Eng

Dr. Kono, begitu sapaannya di kampus, adalah supervisor disertasi S3 saya. Saya adalah mahasiswa S3 terakhirnya karena begitu saya lulus, beliau pensiun dari West Virginia University. Beliau adalah kombinasi yang unik dari kultur Jepang dan Amerika. Walaupun sudah bertahun-tahun tinggal di Amerika, Dr. Kono masih ‘sangat Jepang’, se-Jepang-Jepangnya. Bahkan lunchbox-nya pun sangat Jepang, berupa kotak cantik dengan kompartemen-kompartemen kecil yang masing-masing berisi hidangan yang ditata apik. Bahkan bahan-bahannya pun asli impor dari Jepang. Tapi dalam hal profesional, dia terasa ‘Amerika’. Di Asia, hubungan antara tua-muda, guru-murid, secara tradisional terikat norma-norma tertentu di mana seringkali bersifat hirarkhial. Dr. Kono, walaupun sering terlalu banyak tuntutan pada mahasiswa-mahasiswanya, sangat egaliter. Sering kami berdebat sampai sama-sama emosi, tapi setelah mencapai kesepakatan ya sudah, masalah selesai. Cuaca segera kembali seperti sediakala saat sebelum terjadi badai. Sisi-sisi unik kepribadian Dr. Kono itu tidak akan pernah saya lupakan.

Dalam perjalanan saya sebagai peneliti, Dr. Kono memberi warna yang sangat tebal dalam hal kreativitas untuk melihat suatu fenomena dari sudut pandang yang tidak lazim dan keberanian mempublikasikan hasil riset yang berbeda dari mainstream. Beliau mengajarkan bagaimana caranya agar sudut pandang baru itu bisa diterima oleh komunitas konvensional. Kalau tidak tahu seni mempresentasikan ide baru kita dengan baik dan benar, bisa-bisa baru baca abstraknya saja reviewer sudah memutuskan “DENIED !!!!

Dr. Kono mengingatkan saya pada sosok Prof. Agra dalam hal merancang dan membangun sendiri alat-alat eksperimen di lab. Ini juga pengalaman yang sangat berharga, terutama untuk peneliti di negara berkembang dengan budget riset yang tidak pernah berkembang. Selain itu, dengan membuat sendiri alat riset kita, kita paham betul perilakunya dan bisa menafsirkan hasil observasi kita dengan lebih baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: